Friday, June 19, 2015

Makna Mengharukan dibalik Profesi seorang Bidan

  "Bidan adalah sebutan bagi orang yang belajar di sekolah khusus untuk menolong perempuan saat melahirkan".
Betapa mulianya tugas seorang bidan, sudah banyak sekali kasus ibu hamil berakhir bahagia karena pertolongan seorang bidan. Kebahagiaan yang terpancar bukan hanya terlihat di wajah sang ibu nifas, tapi juga akan terlihat di wajah keluarga ibu yang melahirkan tersebut.
Bidan adalah sebuah profesi mulia yang masih luput dari perhatian pemerintah, terutama dalam hal kesejahteraan. Hal ini berkaitan erat dengan tingkat beban (tugas) yang di emban oleh bidan, sebab jika ditelusuri lebih dalam, maka kesejahteraan dan kemakmuran negara pun dipengaruhi oleh peranan bidan yang tersebar di penjuru nusantara.
Namun ada sisi lain dari bidan yang bisa dengan mudah kita temukan tapi sering dilupakan, yaitu bidan Jones. Tahukah anda siapa atau apa itu Jones ?
Makna Mengharukan di Balik Profesi Bidan
Jones adalah sebuah akronim yang lahir dari pemikiran para internet surfer nasional. Jomblo Ngenes adalah kepanjangan dari Jones, lalu kenapa saya mengaitkan bidan dan Jones ?
Lagi-lagi, pengalaman pribadilah yang memotivasi saya untuk menulis artikel ini. Pernah beberapa kali di saat weekend saya melihat masih ada bidan yang bertugas (piket). Saat rekan-rekan sejawatnya mengisi akhir minggu dan hari libur dengan berkumpul bersama keluarga, ternyata masih ada bidan yang harus rela menunaikan tugas, piket di puskesmas hingga keeseokan harinya. Dan saya yakin kondisi ini bukan hanya terjadi di satu atau dua puskesmas, melainkan hampir di setiap puskesmas di negeri ini.
Dedikasi para bidan ini bukan sebuah hal yang tidak bisa di anggap sebelah mata, bayangkan seorang Bidan Jones mengorbankan kebersamaan bersama kekasih/pacar (pasangan) tercintanya demi menunaikan tugas negara yang mulia ini. Piket atau lembur yang dilakukan oleh bidan-bidan tersebut tentunya untuk sebuah tujuan yang sangat mulia, yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga negara Indonesia yang mengalami sakit atau keluhan kesehatan lainnya.
Selain itu juga keluarga di rumah pastinya akan sangat mengharapkan kehadiran anaknya yang bertugas sebagai bidan. Namun ikrar sebagai abdi negara akhirnya harus ditanggung juga oleh pihak keluarga, sahabat dan rekan bidan-bidan tersebut.
Satu lagi, yang merasa Bidan Jones ditunggu komentar dan pengalamannya selama menjalani profesi, terutama ketika sedang piket (lembur).
Salam Sejahtera

0 comments:

Post a Comment